Skip to main content

Liar liar...

Karena saya senang sekali menonton film, saya jadi teringat film sekitar  tahun 90an yang berjudul Liar liar..., yang berarti pembohong yang dibintangi oleh Jim Carrey. Di film itu dikisahkan bahwa jim berprofesi sebagai pengacara yang kadang memaksanya harus berbohong sehingga menjadi bagian dari hidupnya dan tidak ada beban apapun yang dirasakannya ketika dia berbohong kepada client, teman, bahkan kepada anaknya sendiri. Sampai akhirnya dia kena batunya, dimana anak laki-lakinya merasa begitu kecewa karena Jim ingkar janji untuk kesekian kalinya, dan anaknya berdoa dan berharap untuk sehari saja ayahnya tidak bisa berbohong, dan doa itu diijabah.
Dan akhirnya kelucuan kelucuanpun timbul dimana Jim Carrey tidak bisa berbohong kepada sekretarisnya, tidak bisa berbohong saat menangani kasus di pengadilan dan lain sebagainya.

Yang ingin saya garisbawahi dari film diatas dan dikaitkan ke dunia nyata, bila anda sudah terbiasa berbohong ke siapa saja tentang apa saja, maka anda akan selalu dan selalu berbohong dan menjadi kebiasaan dan anda akan hidup dalam kebohongan dan mindset anda akan percaya bahwa kebohongan anda adalah sesuatu yang nyata.

Banyak contoh nyata yang bisa saya berikan di sekitar lingkungan saya,  seperti tetangga saya yang berbohong sepanjang hidupnya ke semua orang bahwa dia bekerja sebagai anggota perwira intel TNI, bercukur rambut layaknya TNI dan memenuhi halaman facebooknya dgn pernak pernik kegiatannya di mabes bla bla bla, sementara pekerjaan dia sebenarnya adalah seorang supir.
Atau ada lagi kenalan saya yang lain yang bila sedang mengobrol selalu mengesankan kalau dia orang yang banyak uang, dan  bicaranya selalu tinggi mengesankan bahwa dia tahu berbagai hal. Padahal kenyataannya dia tinggal di kos-kosan bersama istrinya, usaha dia yang terlihat adalah rental mobil. Padahal anak smp pun bisa berpikir kalau dia banyak uang untuk apa tinggal di kos? Kan lebih hemat dan nyaman kontrak rumah.

Jadi begitulah yang bisa saya simpulkan tentang orang-orang seperti ini. Buat mereka berbohong bukan sesuatu yang berat untuk dilakukan, dan akan terus dilakukan selama itu bisa membuat mereka nyaman. Tentu saja itu tidak menjadi masalah selama tidak merugikan orang lain,  namun bila kebohongan tersebut diketahui orang lain ya harus bersiap-siap saja menahan malu. Saya sendiri pun mengakui melakukan kebohongan dikala terpaksa, namun ada bagian dalam pikiran saya yang bernama hati nurani yang selalu menolak bila saya melakukan kebohongan. Mudah-mudahan hati nurani ini akan selalu berteriak terus karena menurut saya itulah yang tetap membuat kita menjadi manusia.

Dan dilingkungan sayapun, saya dibiasakan untuk hidup apa adanya dan ala kadarnya. Jujurlah bila sedang tidak ada uang, karena jujur itu tidak hina dan tidak beruangpun tidak hina. Orang yang hidup jujur apa adanya akan tenang dan tidak akan ambil pusing dengan pandangan orang disekitarnya, karena Allah saat ini menetapkan bahwa kita harua menjalani hidup seperti ini, ya kita harus jalani. Insya Allah di hari lain kita akan mendapatkan rejeki.

Aamiin

Comments

Popular posts from this blog

Root

Didalam dunia komputer istilah root berarti hak administrator, dan lebih banyak ditemui di system operasi unix like dan linux. Memang apa saja hak administrator? Banyak sekali, misalnya membuat partisi harddisk atau menghapusnya, menambah user, memformat partisi, mengubah settingan I/O scheduler, memory dan macam-macam yang tidak bisa dilakukan oleh user biasa. Nah, di dunia smartphone android, bila anda membeli smartphone baru maka anda adalah pengguna biasa yang hanya bisa menggunakan dan menginstall aplikasi, tanpa hak administrator. Sebenarnya apa untungnya sih mendapatkan hak admin di hp android? Banyak sekali mas bro, anda bisa mempercepat hp anda dengan mengubah settingan tertentu, anda bisa membuat hp anda seolah-olah menjadi flash disk, bisa membuat hp anda dipakai untuk menginstall sistem operasi di komputer. Namun perlu diperhatikan bahwa garansi hp anda otomatis hilang bila anda me-root hp anda; kenapa begitu? Ya karena anda bisa mengubah settingan aman dari pabrik dan me

Mengoptimalkan Smartphone Android

As you know, pemakaian smartphone android dalam jangka waktu yang lama akan membuat hp sedikit demi sedikit menjadi semakin lambat. Hal ini dikarenakan dalam pemakaiannya sistem android akan membuat temporary, log, atau mendownload junk files seperti iklan dan semacamnya. Semua files2 itu akan menempati media penyimpanan internal hp yang ukurannya lumayan besar bila didiamkan. Selain itu, salah satu sebab kenapa hp android tidak optimal adalah karena terkadang begitu banyak ap:likasi2 bawaan pabrik/vendor yang memenuhi kapasitas penyimpanan yang sebenarnya tidak pernah kita pakai. Sebagai contoh saja ya dan bukan promosi, saya pernah menggunakan samsung note4, yang didalamnya banyak sekali aplikasi yang tidak saya pakai, mulai dari S-health, samsung account, samsung push, S-note dan berbagai aplikasi bawaan lainnya. sebenarnya aplikasi tersebut memang bagus, tapi kalau kita tidak butuhkan buat apa? karena aplikasi2 tersebut akan otomatis di-load saat hp menyala dan stay sebagai th

Speaker Aktif

Tidak terlalu sulit untuk membedakan apakah sebuah speaker itu masuk kategori aktif atau tidak, karena speaker aktif biasanya sudah disertai catu daya dan memiliki built in amplifier. Bahkan nowadays, hampir semua speaker yg dijual untuk keperluan rumahan adalah aktif speaker. Sedangkan passive speaker biasanya digunakan untuk keperluan stage/panggung atau konser musik besar, atau untuk skala kecilnya di tempat ibadah. Bila kita ingin membeli aktif speaker apakah yang harus kita perhatikan? Mari kita bahas satu persatu 1. Dana alias fulus Anggarkan budget anda sesuai kantong. Ada jargon iklan obat nyamuk "yang lebih mahal banyak" sangat tepat untuk patokan berbelanja. Harga biasanya berbanding lurus dengan kualitas, meskipun tidak selalu demikian. Namun sebaiknya anda lebih berhati-hati untuk spend your money as wise as you could. 2. Wattage / power Kebanyakan pembeli terpesona dengan disain dan portabilitas sebuah aktif speaker. Anda harus memutuskan dimana aktif spe