Skip to main content

Root

Didalam dunia komputer istilah root berarti hak administrator, dan lebih banyak ditemui di system operasi unix like dan linux. Memang apa saja hak administrator? Banyak sekali, misalnya membuat partisi harddisk atau menghapusnya, menambah user, memformat partisi, mengubah settingan I/O scheduler, memory dan macam-macam yang tidak bisa dilakukan oleh user biasa.

Nah, di dunia smartphone android, bila anda membeli smartphone baru maka anda adalah pengguna biasa yang hanya bisa menggunakan dan menginstall aplikasi, tanpa hak administrator. Sebenarnya apa untungnya sih mendapatkan hak admin di hp android? Banyak sekali mas bro, anda bisa mempercepat hp anda dengan mengubah settingan tertentu, anda bisa membuat hp anda seolah-olah menjadi flash disk, bisa membuat hp anda dipakai untuk menginstall sistem operasi di komputer. Namun perlu diperhatikan bahwa garansi hp anda otomatis hilang bila anda me-root hp anda; kenapa begitu? Ya karena anda bisa mengubah settingan aman dari pabrik dan menggantinya dengan settingan yg lebih cepat yang tidak direkomendasikan pabrik, namun bukan berarti tidak aman, bila anda benar-benar tahu apa yang anda lakukan.
Lalu bagaimana cara me-root hp? Biasanya para hacker mencari celah keamanan pada hp android untuk menyisipkan kode untuk mendapatkan hak administrator. Namun hal inipun tidak mudah, karena versi android yang makin modern memiliki keamanan yang lebih baik jadi mempersulit upaya rooting. Ada pula hp android yang disengaja untuk dapat di root, artinya vendor  sendiri memberikan opsi agar hpnya bisa di root.

Jadi, di root atau tidak sepenuhnya menjadi pilihan anda. Bila anda dikaruniai rezeki berlebih dan anda sudah tidak puas dengan kinerja hp anda, maka silahkan beli yang baru. Namun bila anda suka bereksperimen untuk meningkatkan performa hp anda anda bisa mencoba me-root hp anda dan silahkan terkaget-kaget karena hp anda bisa jauh lebih cepat dari yang anda bayangkan dengan menghilangkan semua bloatware (aplikasi bawaan vendor yang tidak berguna dan tidak terpakai) sehingga isi internal storage lebih bersih.

Nah, langkah-langkah untuk root umumnya sama untuk semua hp, namun caranya berbeda-beda. Biasanya dengan meng-unlock boot loader, kemudian memasang custom recovery, dan baru menginstall su atau magisk untuk rootnya. Namun kadang-kadang malah lebih sederhana, misalnya pada galaxy note4 cukup menginstall patch menggunakan komputer, dan hp sudah langsung ter-root. Yang penting, anda harus benar-benar berhati-hati mencari bahan yang diperlukan. Jangan hanya membaca dari satu situs karena belum tentu benar, sebaiknya baca sebanyak-banyaknya dan hati-hati untuk memastikan cara yang paling aman, karena selalu ada resiko gagal yang mengakibatkan hp anda tidak bisa dipakai lagi. Andaikan gagalpun, anda harus sudah bersiap-siap kemana anda harus perbaiki hp anda agar bisa digunakan kembali.


Comments

Popular posts from this blog

Mengoptimalkan Smartphone Android

As you know, pemakaian smartphone android dalam jangka waktu yang lama akan membuat hp sedikit demi sedikit menjadi semakin lambat. Hal ini dikarenakan dalam pemakaiannya sistem android akan membuat temporary, log, atau mendownload junk files seperti iklan dan semacamnya. Semua files2 itu akan menempati media penyimpanan internal hp yang ukurannya lumayan besar bila didiamkan. Selain itu, salah satu sebab kenapa hp android tidak optimal adalah karena terkadang begitu banyak ap:likasi2 bawaan pabrik/vendor yang memenuhi kapasitas penyimpanan yang sebenarnya tidak pernah kita pakai. Sebagai contoh saja ya dan bukan promosi, saya pernah menggunakan samsung note4, yang didalamnya banyak sekali aplikasi yang tidak saya pakai, mulai dari S-health, samsung account, samsung push, S-note dan berbagai aplikasi bawaan lainnya. sebenarnya aplikasi tersebut memang bagus, tapi kalau kita tidak butuhkan buat apa? karena aplikasi2 tersebut akan otomatis di-load saat hp menyala dan stay sebagai th

Speaker Aktif

Tidak terlalu sulit untuk membedakan apakah sebuah speaker itu masuk kategori aktif atau tidak, karena speaker aktif biasanya sudah disertai catu daya dan memiliki built in amplifier. Bahkan nowadays, hampir semua speaker yg dijual untuk keperluan rumahan adalah aktif speaker. Sedangkan passive speaker biasanya digunakan untuk keperluan stage/panggung atau konser musik besar, atau untuk skala kecilnya di tempat ibadah. Bila kita ingin membeli aktif speaker apakah yang harus kita perhatikan? Mari kita bahas satu persatu 1. Dana alias fulus Anggarkan budget anda sesuai kantong. Ada jargon iklan obat nyamuk "yang lebih mahal banyak" sangat tepat untuk patokan berbelanja. Harga biasanya berbanding lurus dengan kualitas, meskipun tidak selalu demikian. Namun sebaiknya anda lebih berhati-hati untuk spend your money as wise as you could. 2. Wattage / power Kebanyakan pembeli terpesona dengan disain dan portabilitas sebuah aktif speaker. Anda harus memutuskan dimana aktif spe